Rabu, September 14, 2011

MEREKA BUKAN DEWA KESEHATAN


MEREKA BUKAN DEWA KESEHATAN

Para tenaga kesehatan di lapangan bukanlah seorang dewa kesehatan. Mereka mungkin saja seorang penemu, pemegang, dan pengolah data. Namun, mereka bukanlah satu-satunya pengambil keputusan akhir untuk menyelesaikan masalah tersebut. Terkadang dalam pengambilan keputusan hanya data mereka yang di utak  atik sedangkan mereka sama sekali tidak dilibatkan.
Mereka sering juga berada pada dua sisi kepentingan. Kepentingan untuk menyajikan data apa adanya dan kepentingan untuk memoles data sedikit lebih menarik untuk dilaporkan. Tidak ada masalah sebenarya pada dua kepentingan di atas hanya saja mereka tetap tidak bisa berjuang sendiri dalam menyelesaikan masalah kesehatan.
Mengutip kalimat dalam bukunya Elizabet Pisani “Kearifan Pelacur”,  mereka yang mengumpulkan data kesehatan masyarakat bukanlah orang yang dapat bertindak sesuatu berdasarkan data tersebut. Ada jarak antara pemilik informasi dengan pembuat keputusan. Jarak ini seharusnya tidak terlalu jauh. Harus dan pengertian dan pemahaman yang baik antara mereka berdua sehingga keputusan yang dibuat benar-benar mampu menyelesaikan masalah kesehatan yang ditemukan tenaga kesehatan.
Katakanlah seorang tenaga kesehatan yang sangat berjiwa sosial berusaha melakukan penyelesaian masalah sendiri pada masyarakatnya. Sampai manakah ia mampu mempengaruhi masyarakat untuk berperilaku sehat ketika berada pada keadan yang kekurangan dana, kekurangan fasilitas dan prasarana, masyarakat yang tidak mau mendukung, kebijkan pemerintah yang tidak mendukung pula? Mungkin saja pada waktu yang lama akan berhasil dilakukannya. Namun, bukankah dengan bantuan kebijakan pembuat keputusan, keberhasilan yang didapatkan akan lebih cepat tercapai.
Lebih bijak ketika masalah terjadi tidak memandang tenaga kesehatan sebagai biangnya. Melihatlah lebih luas. Dimana batasan seorang tenaga kesehatan dan dimana kewenangan pembuat keputusan dalam menyelesaikan masalah kesehatan ini.


Label:

diposting oleh Unknown @ Rabu, September 14, 2011  

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda