Minggu, Agustus 26, 2012

Wanita Karier yang Selamat Dunia dan Akhirat Teladan dari Ibunda Siti Khadijah




Tidak ada pilihan antara rumah tangga atau karier bagi seorang perempuan. Tidak ada pilihan sekolah atau berkeluarga bagi seorang perempuan. Tidak ada pilihan di dapur atau di ranjang bagi seorang perempuan. Tidak ada pilihan di dalam rumah atau di luar rumah bagi seorang perempuan. Tidak ada pilihan karena telah terbukti oleh teladan kita Ibunda Siti Khadijah dua duanya bisa dilakukan.
Kalau ditanya kenapa beliau bisa seperti itu sedangkan ketika kita menjalannkannya terasa berat? Ya memang ada persiapan yang harus dilakukan ketika kita ingin menjadi seperti beliau. Beliau pun mempersiapkannya sejak dulu.
Pertama, Ibunda kita Siti Khadijah terkenal dengan spiritualitasnya yang tinggi. Meski hidup di zaman Jahiliyah tetapi Ibunda Siti Khadijah tidak mengikuti zamannya. Beliau tetap mempertahankan keimanannya dan keyakinannya kepada Tuhan yang Maha Esa sampai beliau akhirnya masuk Islam. Penting dasar ini ada, agar bagaimanapun lebihnya seorang istri, ia tetaplah istri dengan segala tanggung jawab atas anak dan suaminya. Ketakutan kepada Allah membuat seorang wanita karier rela melepaskan berbagai atributnya ketika ia berada di rumah berkumpul bersama keluarganya.
Kedua, Ibunda kita Siti Khadijah terkenal dengan kecerdasannya. Hal ini bisa kita lihat dengan kecerdasan beliau mengelola kekayaan peninggalan suaminya terdahulu sehingga meski menjanda beliau mandiri secara ekonomi bahkan disegani dengan kekayaannya. Kecerdasan beliau yang lain adalah menjalin kerjasama bisnis dan pandai dalam merekrut pegawai. Dasar kecerdasan bagi seorang wanita tidak saja diperlukan untuk usaha dan pekerjaannya tetapi juga untuk mendidik anak-anaknya dan menjaga rumah tangganya. Tidak ada larangan dalam islam untuk kecerdasan wanita, sebaliknya wanita islam haruslah cerdas sebab ia madrasah pertama bagi keluarganya.
Ketiga, Ibunda Siti Khadijah berpendirian kuat contohnya ketika pada saat itu wanita arab cenderung menghabiskan uang untuk berdandan dan membeli barang-barang mewah hingga tidak jarang jath miskin, tetapi Ibunda kita tidak terikut arus, beliau malah rajin berderma.
Keempat, Ibunda kita Siti Khadijah terkenal dengan keluhuran budinya sebagai seorang wanita. Subhanallah, jika disebutkan satu per satu sulit rasanya menggambarkan keangguan sikap yang Ibunda yang menjadi dasar kenapa beliau sukses menjadi wanita karier dan ibu rumah tangga.
Selain itu, oleh penulis, Khoirul Amru Harahap, LC, M.H.I, disimpulkan pula 8 kunci sukses bisnis bunda Siti Khadijah yakni:
1.      Keimanan yang kokoh dan spiritualitas yang tinggi
2.      Mentalitas Wirausaha
3.      Punya Modal dan Pandai mengelolanya
4.      Punya kemampuan
5.      Suke Bederma
6.      Berani mengambil keputusan dan pandai membaca peluang
7.      Pandai membaca pasar dan target pasar
8.      Stabilitas keamanan kota Makkah dan letaknya yang strategis untuk iklim usaha

Label:

diposting oleh Unknown @ Minggu, Agustus 26, 2012  

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda