Senin, Agustus 20, 2012

BIMKMI Part 3 : Apa Aja Tulisan yang diproses BIMKMI?


BIMKMI Part 3 : Apa Aja Tulisan yang diproses BIMKMI?

Menindaklanjuti Surat Dirjen Dikti No. 152/E/T/2012 tentang Wajib Publikasi Ilmiah Bagi S1/S2/S3 maka dibentuklah Jurnal Berkala Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (BIMKMI) yang merupakan kumpulan jurnal yang dibuat sebagai wadah penerbitan jurnal mahasiswa kesehatan masyarakat seluruh Indonesia. Jurnal BIMKMI akan diterbitkan secara rutin dua kali dalam setahun secara e-Journal yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat baik civitas akademika maupun masyarakat luas yang peduli kepada keilmuan kesehatan masyarakat Indonesia.

Assalamualaikum dan salam sehat seluruh public health Indonesia…….
Semoga dalam keadaan baik dan tidak kurang satu apa pun ya.. aamiin

Pada pertemuan kita yang ketiga ini kalian dah kenal dengan baik BIMKMI kan???? Hayooooo siapa yang belum kunjungi http://bimkmi.bimkes.org

Kali ini kita akan menjelaskan apa aja kriteria artikel yang dapat teman2 kirimkan ke BIMKMI….
1.      Penelitian Asli merupakan hasil penelitian dalam keilmuan kesehatan masyarakat. bisa juga hasil skripsi, karya tulis ilmiah, atau tugas akhir teman2.
2.      Tinjuan Pustaka merupakan tulisan artikel review/sebuah tinjauan terhadap suatu fenomena dalam ilmu kesehatan masyarakat ditulis dengan memperhatikan aspek aktual dan bermanfaat bagi pembaca.
3.       Laporan kasus merupakan artikel tentang kasus yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca.
4.       Artikel penyegar merupakan artikel yang bersifat bebas ilmiah, mengangkat topik-topik yang sangat menarik dalam dunia kedokteran atau kesehatan, memberikan human interest karena sifat keilmiahannya, serta ditulis secara baik. Artikel bersifat tinjauan serta mengingatkan pada hal-hal dasar atau klinis yang perlu diketahui oleh pembaca.
5.       Editorial merupakan artikel yang membahas berbagai hal dalam dunia kesehatan masyarakat Memuat mulai dari ilmu dasar, klinis, berbagai metode terbaru, organisasi, penelitian, penulisan di bidang keahlian tersebut di atas, lapangan kerja sampai karir dalam dunia kesehatan. Artikel ditulis sesuai kompetensi mahasiswa.
6.       Petunjuk praktis: artikel berisi panduan diagnosis atau tatalaksana yang ditulis secara tajam, bersifat langsung (to the point) dan penting diketahui oleh pembaca (mahasiswa kesehatan).
7.       Advertorial: Penulisan berdasarkan metode studi pustaka.
8.       Hasil kegiatan lapangan, praktik belajar lapangan, magang, dll yang telah dituliskan dalam kaidah ilmiah.

Yuppp itulah kiranya artikel atau naskah ilmiah yang bisa diterima BIMKMI, tinggal teman2 mau menulis atau mengirimkan yang mana, kirim satu orang sepuluh tulisan juga gak apapa… heheheh
Akhir kata, Kalau masih ada pertanyaan silahkan sms ke Pemimpin Umum : Isti’anah Surury 083894634262 dan Pemimpin Redaksi :Madelina Ariani 085231013536 atau koment aja di bawah ini… otrayyyyyyy????

Salam kesehatan…
Semangat Memasyarakatkan Kesehatan Masyarakat Indonesia…
Madelina A.

Label:

diposting oleh Unknown @ Senin, Agustus 20, 2012  

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda