Minggu, Agustus 26, 2012

ENTREPRENEUR ADALAH GAYA HIDUP


ENTREPRENEUR ADALAH GAYA HIDUP

Menarik sekali membaca sesuatu yang bersumber langsung dari pengalaman hidup penulisnya. Kesempatan kali ini Helmy Yahya menceritakan langsung tentang perjalanan kariernya. Bersama dengan co writer  Baban Sabana, mereka membumbui langsung pengalaman hidup penulis utama dengan ilmu-ilmu tentang entrepreneur yang secara sadar atau tidak sadar pernah juga dilakukan oleh penulisnya.
Diambil langsung dari judul salah satu bab dari buku ini, “Entrepreneur adalah Gaya Hidup” merupakan ungkapan yang terlupakan atau bahka tidak diketahui oleh banyak anak muda yang ingin menjadi pengusaha. Entrepreneur bukan sekedar memiliki kedai, warung, toko, atau tempat produksi saja melainkan proses untuk sampai kesana. Banyak orang yang kemudian dengan modal yang dimilikinya memiliki warung atau usaha tetapi ketika Gaya Hidup Entrepreneur itu tidak dimilikinya maka dengan mudah tempat usaha tersebut gulung tikar, bermasalah, atau statis aja pergerakannya. Bukan masalah Anda punya modal atau tidak yang masalah adalah apakah gaya hidup Anda sudah Entrepreneur atau masih “karyawan” yang beruntung memiliki usaha?
Pada permulaan bab Mas Helmy Yahya bercerita tentang perjalanan kehidupanya, keluarganya, hingga ia bisa mendapat “merk” sebagai Raja Quis Indonesia. Helmy Yahya bukan anak yang lahir dari keluarga yang kaya raya, bahkan hanya bisa dibilang pas-pasan. Meski dia anak bungsu ternyata tidak serta merta kehidupannya mudah, ia tetap harus berjuang untuk meraih cita-citanya yakni kuliah di IPB. Namun, apa daya akhirnya ia memilih mendaftar STAN dan lulus. PNS adalah pekerjaan yang diharapkan oleh ayahnya dan itu berhasil diraih Mas Helmy.
Gaya hiduplah yang mengantarkan kehidupan Helmy Yahya menjadi seperti saat ini. Gaya hidupnya yang walaupun berasal dari keluarga yang biasa saja, gaya hidup yang walaupun telah menjadi PNS, dan gaya hidup yang pernah menjadi pegawai Ani Sumadi Production (yang pada saat itu production yang menguasai berbagai acara televise nasional), gaya hidup entrepreneur. Apa itu?
Tanyakan pada diri Anda, apakah Anda memiliki mimpi untuk masa depan Anda? Apakah Anda ingin memiliki kebebasan waktu dan keuangan di masa depan? Apakah Anda ingin memiliki usaha sendiri? Apakah Anda orang yang jujur? Apakah Anda pembelajar adari semua pengalamam kehidupan Anda? Apakah Anda orang yang malas bertanya? Apakah Anda orang yang suka bergaul dan memperluas jaringan Anda? Apakah Anda bekerja dengan tanggung jawab yang dipikul sendiri dan jarang menyalahkan orang lain? Apakah Anda orang yang berani menerima tantangan dan berani menyelesaikannya sampai habis? Apakah Anda lebih suka membelanjakan penghasilan Anda dengan barang-barang mewah ketimbang membeli asset untuk modal Anda? Apakah Anda seorang yang kreatif? Apakah Anda sering berinovasi? Apakah Anda berani membuka usaha Anda? Banyak jawaban iya mengindikasikan bahwa Anda memiliki gaya hidup entrepreneur.
Bayangkang jika seorang Helmy Yahya tidak terus belajar dan berkembang, apakah ia seorang bisa menjadi seperti sekarang ini? jawabannya meragukan. Untunglah entrepreneur telah menjadi gaya hidup Helmy Yahya. Barangkali ia tidak menyadarinya, tetapi kini ia telah berbagai dengan kita. Di dalam buku ini juga ditambahkan bab-bab tentang pengelolaan modal, pembangunan usaha, dan motivasi membangun usaha lainnya.
Buku kecil setebal 143 halaman ini mengutarakan langsung pendapat dan pengalaman Helmy Yahya tentang entrepreneur. Dibagian akhir buku ini menngungkapkan betapa mudahnya menjadi entrepreneur dan sulitnya mempertahankannya. Tidak ada pilihan lain selain memutuskan untuk menjadi entrepreneur jika Anda menginginkannya. Buku ini telah mengalami dua kali cetak ulang. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Label:

diposting oleh Unknown @ Minggu, Agustus 26, 2012  

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda