Senin, Juli 20, 2009

EKONOMI KESEHATAN... mengapa perlu????

Ekonomi kesehatan adalah disiplin ilmu ekonomi yang diterapkan pada topic-topik kesehatan.

Mengapa ekonomi itu perlu dalam bidang kesehatan?

Kehadiran ekonomi dalam bidang kesehatan diharapkan mampu menjadi sebuah jalan keluar bagi permasalahan-permasalahan kesehatan. Contohnya apa yang akan terjadi pada masyarakat bila harga obat-obatan dinaikkan ? atau biaya perawatan dinaikkan? Permasalahan ini tentunya akan lebih mudah diselesaikan dengan bantuan ilmu ekonomi dimana ada hukum demand dan hukum supply yang akan membantu kita menyelesaikannya.
Di dalam ilmu ekonomi juga dipelajari adanya keteratasan sumber daya yang tersedia disamping kebutuhan manusia yang tak terbatas. Hal ini sangat membantu para pengambil keputusan atau kebijakan dalam bidang kesehatan dalam melaksanakan tugasnya. Contohnya manakah yang lebih tepat? Mendirikan panti jompo atau yayasan kanker? Permasalahan ini tentunya akan mudah diselesaikan dengan memakai hukum dasar ekonomi yakni opportunity cost. Selain itu pengambilan kebijakan untuk mengalokasikan 15% anggaran dana dari APBN untuk sector kesehatan misalnya. Hal ini tentunya tak lepas dari peranan ilmu ekonomi.
Diharapkan dengan adanya bantuan dari ilmu ekonomi pelayanan dan pembiayaan dapat dilaksanakan secara efektif dan effisien.




Opportunity cost dalan ilmu ekonomi

Opportunity cost muncul akibat dari kebutuhan yang tak terbatas dihadapkan pada pemenuha kebutuhan yang terbatas.selain pemilihan ( apa yang harus dilakukan atau tidak dilakukan ), opportunity cost juga berarti pengorbanan. Dengan menyadari keterbatasan ilmu ekonomi yang ada maka dangan memilih sesuatu menggunakan sumberekonomi yang ada membuat kita tidak bisa melakukan sesuatu yang lain dengan sumber yang sudah dipakai. Contohnya dengan mengalokasikan dana hibah puskesmas untuk memperbaiki bangunan puskesmas berarti kita kehilangan kesempatan untuk membeli alat-alat atau media penyuluh bagi pelayanan masyarakat.
Diharapkan dengan adanya opportunity cost maka pemanfaatan secara maksimal dan effisien dapat diterapkan dalam pengambilan kebijakan kesehatan dan pelayanan kesehatan masyarakat. Permasalahan-permasalahn kesehatan tidak bisa diselesaikan oeh para ekonom sebab mereka tidak menguasai bdang kesehatan. Maka daripada itu para ahli kesehatan dengan pengetahuannya agar dapat mengambil kebijakan yang efektif dan effiesien harus mempeljari juga ilmu ekonomi. Dengan mengemukakan alasan-alasan perlunyailmu ekonomi dalam kesehatan di atas bukan bermaksud untuk mengatakan pentingnya okonomi dalam segala hal. Hanya saja banyak permasalahan di luar ekonomi yang akan lebih mudah diselesaikan dengan mengkombinasikan ilmu tersebut dengan ilmu ekonomi.

Madel 3.4.09
Kuliah ekonomi kesehatan

Label:

diposting oleh Unknown @ Senin, Juli 20, 2009  

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda